Membuat Profil Organisasi
PROFIL ORGANISASI
A. Kompetensi Dasar
3.9 Menerapkan profil organisasi
4.9 Membuat profil organisasi
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan mengekplorasi tentang materi profil organisasi peserta didik diharapkan dapat :
1. Menjelaskan pengertian profil organisasi dengan percaya diri
2. Menguraikan fungsi profil organisasi dengan cermat.
3. Mengurutkan langkah-langkah penyusunan profil organisasi dengan cermat.
4. Menjelaskan jenis-jenis profil organisasi.
5. Mengurutkan isi profil organisasi.
6. Melakukanan penyusunan profil organisasi
C. Uriaian Materi
1. Pengertian profil organisasi
Profil adalah sebuah gambaran singkat tentang seseorang, organisasi, benda lembaga ataupun wilayah. Profil organisasi adalah salah satu media Public Relations yang merepresentasikan sebuah perusahaan (organisasi). Produk Public Relations ini berisi gambaran umum perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin-poin apa saja yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan kepentingan publik sasaran. Profil organisasi/company profile adalah salah satu sarana untuk mempromosikan perusahaan dengan berbagai media yang ada. Perusahaan perlu dikenal oleh masyarakat atau publik dan salah satu cara untuk dapat dikenal tersebut perusahaan harus mempunyai “etalase” atau “wajah” untuk ditampilkan depada publik, profil organisasi/company profil merupakan salah satu caranya. Tujuan perancangan profil perusahaan adalah untuk menciptakan citra (image building) dan membentuk presepsi baik dari publik sasaran.profil organisasi merupakan salah satu cara untuk menjalin komunikasi dengan publik, dengan demikian diharapkan hubungan yang terbuka dengan publik dapat dibentuk.
2. Fungsi Profil organisasi
Profil organisasi memiliki fungsi antara lain :
a. Representasi Perusahaan
Profil perusahaan merupakan gambaran tentang perusahaan, sehingga dengan adanya profil perusahaan dianggap mewakili perusahaan sehingga publik tidak perlu bersusah payah mencari informasi tentang perusahaan.
b. Bisa digunakan untuk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual-understansing.
c. Menghemat Waktu Tansaksi
Pihak-pihak lain yang berkatan dengan bisnis perusahaan tidak perlu menanyakan secara detail tentang perusahaan, produk, pasar, visi, misi, posisi keuangan.
d. Membangun Identitas dan Citra Korporat
Profil perusahaan dikemas menarik, detail, jelas, dan mewah mencerminkan wajah perusahaan yang wajah perusahaan di mata publik sebagai perusahaan yang besar dan bonafit.
3. Tujuan penyusunan profil organisasi
Pembuatan profil organisasi harus membantu public sasaran mempersepsikan eksistensi suatu organisasi degan tepat, sejalan dengan pekrjaan yang disandang humas, yaitu:
a. Membuat kesan (image) akan suatu produk, orang atau situasi;
b. Memberikan pengetahuan dan pengertian, seingga ketidakpedulian akan suatu organisasi dapat diatasi;
c. Menciptakan ketertarikan dalam suatu situasi, sehingga berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang;
d. Menciptakan penerimaan, kearena profesi humas berperan kunci untuk menjelaskan suatu situasi atau kejadian dengan sejelas-jelasnya, sehingga ketidakpedulian dapat diubah menjadi penerimaan dan pengertaian, serta meraih simpati public dengan memberikan informasi yang jelas dan tidak bias.
4. Cara menyusun profil organisasi
Dalam menyusun tampilan dari sebuah profil organisasi, kreatifitas dan imajinasi sangat diperlukan agar publik dapat tertarik untuk membaca informasi yang akan memberikan wawasan pengetahuan tentang organisasi tersebut. Profil organisasi berfokus pada informasi yang relevan, disajikan dengan tampilan menarik dan memikat hati publik. Profil organisasi harus bisa membuat perusahaan/organisasi terlihat baik.
Beberapa informasi yang harus ada dalam profil organisasi sebuah perusahaan antara lain latar belakang perusahaan, bentuk pelayanan atau produk, dan kontak perusahaan (Alamat, nomor telepon, nomor fax, email, website, dll).Bisa juga disisipkan dengan sejarah perusahaan, susunan perusahaan, visi dan misi, serta pengalaman atau portfolio perusahaan (Daftar klien, produk atau karya yang sudah dihasilkan, dll). Seluruh pelayanan atau produk dapat disajikan secara detail maupun intinya saja, tergantung keinginan dan fungsinya. Namun tidak sedikit sebuah perusahaan memperbarui secara berkala.
Hal lain yang bisa dicantumkan adalah rencana masa depan perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kemudian testimonial/kesaksian dari klien atau customer/pelanggan, pernyataan motto, slogan serta motivasi perusahaan, serta sebuah panduan filosofi untuk perusahaan.
Contoh Kerangka Profil Organisasi
Nama perusahaan
Alamat lengkap : alamat, nomor telpon/fax, e-mail, website
1. Sejaran berdirinya
a. Kapan Berdirinya
b. Siapa pendirinya
c. Mengapa didirikan
d. Dimana/alamat instansi tersebut berdiri
2. Filosofi perusaaan
3. Budaya perusahaan
4. Sambutan dari pimpinan
5. Visi dan Misi instansi/perusahaan dan tujuan
a. visi
b. misi
6. Struktur organisasi/gamaran tentang sumber daya manusia bahwa perusahaan dipegang oleh orang-orang yang handal dan terampil dalam bidangnya
buat strukturnya dan jelaskan tugas dan fungsinya masing-masing
7. Program-program yang diselenggarakan (dari dulu sampai sekarang)
Tahun …… : ………………………
Tahun …… : ………………………
8. Sarana dan Prasarana yang dimiliki
9. Produk yang dihasilkan
10. Keunggulan produk/keunggulan perusahaan
11. Mitra kerja
a. Siapa mitra kerja
b. Dalam hal apa kerjasamanya
c. Bagimana sistem kemitraan yang dibangun
12. Prestasi yang pernah diraih oleh perusahaan
13. Galery/kumpulan foto-foto kegiatan, produk, lingkungan organisasi dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar