Senin, 03 Mei 2021

MEMILIH MEDIA KOMUNIKASI HUMAS


MEDIA KOMUNIKASI HUMAS

 
A. Media Humas

     Humas atau public relation  adalah pekerjaan yang berkaitan dengan aspek penyebaran informasi. Sasaran dari humas adalah pihak umum baik dari bagian eksternal maupun internal dalam suatu perusahaan. oleh karena itu, pelayanan kehumasan pasti memerlukan suatu media karena media adalah segala macam saluran atau bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Dalam bagian ini kita akan membahas tentang apa itu media humas, tujuan, serta perannya dalam kegiatan pelayanan kehumasan. 

1. Pengertian Media Humas  

    Media humas adalah segala bentuk media yang digunakan dalam praktek kehumasan dengan tujuan publikasi produk. Dengan demikian, media humas digunakan agar produk yang disampaikan oleh humas tersebut bisa disampaikan kepada khalayak umum. Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. 

Media humas memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:
  • Mempromosikan suatu produksi sehingga dapat meningkatkan pemasaran produk suatu perusahaan.
  • Membuat komunikasi antara perusahaan dengan khalaak umum atau pihak lain dapat terlaksana dengan terus menerus.
  • Meningkatkan kepercayaan publik.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata pihak lain atau khalayak umum. 

2. Persamaan antara Media humas dengan Iklan
    Bila kita membandingkan antara media humas dengan iklan, maka kita akan menemukan kesamaan-kesamaan yang ada diantara keduanya. Berikut adalah kesamaan-kesamaan antara media humas dengan media iklan:
a. Kampanye periklanan dan kampanye humas sama-sama menggunakan berbagai macam media
b. Para praktisi humas berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV dan radio,      sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para manager iklan dari berbagai perusahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran, televisi, majalah, dan sebagainya). 
c. Iklan sifatnya jauh lebih komersial dibandingkan dengan kehumasan. 

3. Jenis Media Humas yang Digunakan Dalam Pelayanan Kehumasan
  • Media Pers
  • Media Audio Visual
  • Radio
  • Televisi
  • Pameran (Exhibition)
  • Bahan-Bahan Cetakan (Printed Material)
  • Penerbitan Buku Khusus (Sponsored Books)
  • Surat Langsung (Direct Mail)
  • Pesan-Pesan Lisan (Spoken Words)
  • Pemberian Sponsor (Sponsorship)
  • Jurnal Organisasi (House Journals)
  • Ciri Khas (House Style) dan Identitas Perusahaan (Corporate Identity)
  • Bentuk-Bentuk Media Humas Lainnya 
4. Jenis Media Humas dalam Kaitannya dengan Pihak Lain
    Jika dilihat dari hubungannya dengan pihak lain, media humas dibedakan menjadi 2, yakni media humas internal dan media humas eksternal. berikut adalah penjelasannya:

a. Media Humas Internal
    Media internal adalah suatu sarana penyampaian informasi dikalangan publik internal perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial. 
    Berikut adalah media-media yang termasuk dalam kategori media humas internal:
1) Jurnal Internal 
2) Papan Pengumuman
3) Kaset Video
4) Stasiun Radio Sendiri
5) Jaringan Telepon Internal
6) Kotak Saran

b. Media Humas Eksternal
    Berikut adalah janis-janis media humas eksternal:
1) Jurnal Eksternal
2) Media Audiovisual
3) Literatur Edukatif
4) Komunikasi Lisan
5) Pameran
6) Seminar
7) Sponsor

B. Pemilihan Media Komunikasi Humas

1. Teknik dan Cara Pemilihan Media Komunikasi yang Sesuai dengan Lingkungan Humas
      Teknik dan cara pemilihan media komunikasi humas adalah yang sesuai dengan publiknya. Hal ini bergantung pula pada empat faktor berikut ini:
     a. Cara Pendekatan
     b. Keterampilan petugas humas
     c. Anggaran 
     d. Kebijaksanaan

2. Kelebihan dan Kekurangan Beberapa Media Komunikasi Humas
   
    a. Radio 

   1) Kelebihan Radio 
       a) Penyampaian gagasan sederhana dan langsung
       b) Teks luwes (mudah dikoreksi)
       c) Punya publik khusus
   2) Kekurangan Radio 
       a) Dialog dan materi kurang variasi
       b) Fakta tak bisa dibeberkan lengkap
       c) Melelahkan (suara dan waktu terbatas)
       d) Hanya bisa didengarkan sekali

    b. Siaran Televisi 

    1) Kelebihan Siaran Televisi 
        a) Jangkauan Masyarakat Luas
        b) Audio Visual
    2) Kekurangan Siaran Televisi 
        a) Biaya mahal 
        b) Komunikasi satu arah
        c) Siaran cepat
        d) Daya beli mahal

    c. Surat Kabar

    1) Kelebihan Surat Kabar
        a) Menjangkau semua lapisan masyarakat
        b) Murah
    2) Kekurangan Surat Kabar
       Penyampaian berita bergantung penulis, tanpa memperhatikan kemampuan pembaca.

    d. Media Online

   1) Kelebihan Media Online 
       a) Trending (terutama media sosial dan blog)
       b) Menjangkau seluruh dunia (internasional)
       c) Menjangkau seluruh lapisan masyarakat
       d) Dapat di akses kapan dan dimana saja
       e) Terdokumentasi
   2) Kekurangan Media Online 
       a) Butuh akses internet
       b) SDM bidang media online masih terbatas
       c) Butuh keterampilan khusus mengelola dan menulis di media online (internet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Kantor

Konsep Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Kantor 1.     Pengertian pemanfaatan Sarana dan prasarana Menurut kamus besar bahasa ind...