Memahami konsep dasar Teknologi Perkantoran
A. Pengertian Teknologi Perkantoran
“Teknologi”adalah ilmu yang mempelajari tentang keterampilan yang dapat mewujudkan sesuatu yang rasional sedangkan “kantor” adalah tempat dimana berlangsungnya pekerjaan kantor. Jadi, teknologi perkantoran adalah ilmu yang diaplikasikan dalam kegiatan perkantoran yaitu digunakan untuk mencatat, menghimpun, mengelola, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan data secara efisien dan efektif dengan menggunakan mesin-mesin kantor.
Teknologi perkantoran dengan pekerjaan kantor adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan. Banyak kantor yang sekarang sudah mengembangkan teknologi perkantorannya dengan menggunakan mesin-mesin kantor secara modern.
B. Tujuan Teknologi Perkantoran
- Pemanfaatan yang seefisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu dan mesin – mesin atau alat – alat kerja.
- Pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja.
- Meningkatkan produksi
C. Dampak Dari Perkembangan Teknologi Perkantoran
Perkembangan kantor semakin lama semakin maju dan mengarah ke efisiensi kerja. Perkembangan ini ditunjukan dengan ditemukannya mesin-mesin kantor yang mempunyai sifat Elektronis, sifat ini membantu secara instan supaya tidak banyak menggunakan tenaga manusia Multifungsi, ada mesin yang bisa digunakan berbagai macam kegunaan misalnya mesin scanner biasanya bisa juga digunakan sebagai printer dan digunakan sebagai mesin pengganda (fotocopy. Pengoperasiannya mudah dan simpel, karena menggunakan energi listrik maka mesin akansecara efektif mudah digunakan. Kemampuan dan kecanggihan mesin semakin tinggi, sesuai dengan perkembangan negara tersebut mesin juga harus mempunyai kecanggihan untuk bisa digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor Cara kerjanya otomatis, ada mesin yang secara otomatis dapat digunakan tanpa menggunakan tenaga manusia lagi . Dampak Dari Perkembangan Teknologi Perkantoran. Selain pengaruh terhadap efisiensi kerja, perkembangan mesin kantor juga mempunyai dampak positif dan negatif :
Dampak Positif
- Sumber Daya Manusia
- Peningkatan mutu kerja
- Meningkatkan kedisiplinan kerja dan penghasilan pegawai
- Meringankan tenaga dan pikiran pegawai
2. Prosedur Kerja
- Mempercepat dan mempermudah penyelesaian pekerjaan
- Mempelancar pekerjaan
- Menyederhankan prdosedur kerja yang sudah ada
3. Hasil Kerjanya
- Meningkatkan kualitas dan mutu hasil pekerjaan kantor
- Memperoleh bentuk, ukuran, dan jenis hasil pekerjaan kantor yang sama
- Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan
Dampak Negatif
- Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang dapat mengakibatkan pengganggura
- Pemelihara mesin yang memerlukan biaya
- Menimbulkan rasa ketergantungan terhadap mesin
- Mengganti dan merubah metode yang sudah ada
- Kesuliatan untuk mencari tenaga kerja yang memiliki keterampilan tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar