Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
Definisi Humas dan Karakteristik Humas
3.1. Memahami Kehumasan
4.1. Melakukan Pengelompokkan Kehumasan
Definisi Humas
1. Frank Jefkins
Segala bentuk dari komunikasi terencana, antara suatu organisasi dengan pihak lain yang bertujuan untuk meraih tujuan-tujuan yang berkaitan dengan kesepahaman yang menguntungkan kedua belah pihak
2. Efendy
Humas dibagi dalam dua pengertian, yaitu humas sebagai teknik komunikasi dan sebagai metode komunikasi
3. Seidel
Proses kontinyu dari usaha –usaha manajemen untuk memparoleh good will (Kemauan baik) dan pengertian dari para pelanggannya, pegawainya dan publik
Karateristik Humas
1. Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah2. Bersifat terencana3. Berorientasi pada organisasi/lembaga4. Sasarannya adalah publik
Adanya Komunikasi Yang Bersifat Dua Arah
Hakikat humas adalah komunikasi, namun tidak semua
komunikasi dikatakan humas.
Komunikasi yang menjadi ciri kehumasan adalah
komunikasi dua arah yang memungkinkan terjadinya
arus innformasi yang timbal balik.
Berifat Terencana
Artinya bahwa kerja/aktifitas humas merupakan kerja/aktifitas yang
berkesinambungan, memiliki metode terintegrasi dengan bagian lain dan
hasilnya tangible (nyata).
Berorientasi Pada Organisasi/Lembaga
Syarat mutlak dalam kerja humas adalah pemahaman yang tinggi
terhadap visi, misi dan budaya organisasi/lembaga sehingga dapat
mencapai tujuan humas dan mendukung tujuan manajemen yang
lainnya.
Sasarannya adalah publik
Sasaran humas adalah suatu kelompok dalam masyarakat
yang memiliki karateristik kepentingan yang sama
Tonton juga video mengenai materi di atas :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar